1. Benda-benda yang
berserakan dirumah dapat memperlambat langkah anda dengan cara
mengalihkan perhatian dari apa yang sebenarnya ingin anda lakukan. Untuk
mengontrolnya, bersihkan dan tata rapi semua benda-benda setiap kali anda
selesai melakukan pekerjaan suatu pekerjaan.
2. Jika
anda tidak ingin melupakan tugas-tugas yang harus anda lakukan dibeberapa hari
mendatang, maka tulislah didalam buku catatan/agenda. Jangan hanya
mengingat dikepala. Setelah menulisnya,
anda bisa melupakannya. Sekarang anda bisa konsentrasi untuk pekerjaan lain
yang lebih penting.
3. Jika anda menghabiskan 10 menit setiap hari
hanya untuk mencari barang barang yang lupa dimana menaruhnya, maka anda
membuang lebih dari 60 jam setiap tahun. Mulai sekarang, rapikan barang-barang
anda di tempat yang mudah terjangkau.
4.
Apakah anda pernah berpikir untuk melakukan
sesuatu yang bermanfaat untuk mengisi waktu yang tercuri dari anda? Jika anda
mengetahui bahwa anda akan menunggu ketika janjian dengan seseorang atau makan
siang anda akan ditunda setengah jam lagi, atau teman yang menjemput anda
terlambat karena macet, dsb. Maka anda perlu melakukan waktu tersebut untuk
membaca buku, menulis rencana dibuku kecil anda, atau pekerjaan kecil lainnya yang
bermanfaat. Selalu siapkan pada tas anda sesuatu yang bermanfaat yang bisa
mengisi waktu anda yang tercuri.
5. Kosongkan keranjang sampah setidaknya sekali
sehari. Ingat keranjang sampah bukan tempat menyimpan benda.
6. Belajarlah berbicara dan menulis secara jelas
dan padat. Baca buku, ikut kursus, dan sampaikan pendapat anda sesederhana
mungkin. Jika seseorang miminta anda 1000 kata, jangan memberi dia 1200 kata.
Jika anda diminta untuk berbicara 30 menit jangan berbicara 40 menit. Terlalu
banyak kata yang dapat membuang waktu anda dan orang lain sia sia.
7. Jika anda membeli perlengkapan rumah dan
sekolah/kampus/kantor secara borongan atau dalam jumblah yang banyak, maka anda
akan dapat menghemat uang dan waktu belanja. Bahkan tidak jarang jika anda
membeli dalam jumblah tertentu, anda mendapat hadiah atau diskon.
8. Hal yang terburuk menunda-nunda pekerjaan adalah
pekerjaan tersebut akan terus membesar dab semakin menumpuk apalagi jika anda
terus-menerus malas mengerjakannya.
Oleh karena itu, banyak orang akan berkata pada anda, “mengapa lambat sekali,
ini bukan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.”
Karena itu, hindari menunda-nunda pekerjaan, sekalipun pekerjaan itu kelihatan
kecil dan remeh.
9. Rasa
bersalah adalah musuh besar dalam menghemat waktu. Jangan menyia-nyiakan waktu
dengan terus menerus menyalahkan diri sendiri. Apa yang telah terjadi biarlah
terjadi. Camkan bahwa yang penting bukan pada kesalahan anda tetapi bagaimana
anda bisa belajar dari kesalahan tersebut dan bagaimana anda bisa bangkit dari
keterpurukan.
10. Apakah rak buku anda sudah sangat
penuh? Berikan pada teman-teman dan orang-orang yang anda cintai beberapa buku
yang anda sukai tetapi tidak akan anda baca lagi. Atau pikirkan untuk
mendonasikan beberapa buku untuk keperluan amal atau sekolah. Meskipun
demikian, ada beberapa buku yang harus tetap dijaga dan disimpan seperti teman
lama.
11. Banyak orang membuang-buang waktu
dengan terlalu banyak basa-basi. Anda
dapat menghemat waktu jika anda memulai sesuatu pembicaraan dengan langsung
mengatakan tentang apa yang anda inginkan dari mitra bicara anda.